RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMAN . . . . .
Kelas/Semester : XI / 1
Program : IPS
Mata Pelajaran : Sosiologi
Jumlah Pertemuan : 2 x pertemuan
A. Standar Kompetensi :
Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial.
B. Kompetensi Dasar :
Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi:
- Mendefinisikan konflik
- Mendiskripsikan faktor penyebab konflik
- Mengklasifikasikan bentuk-bentuk konflik
- Menjelaskan dampak adanya konflik
- Membedakan konflik-konflik dan kekerasan
- Mendiskripsikan teori-teori kekerasan
- mendeskripsikan cara pengendalian konflik dan kekerasan
D. Tujuan Pembelajaran :
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
- Mendiskripsikan pengertian konflik
- Menjelaskan faktor penyebab konflik
- Mengelompokan bentuk-bentuk konflik
- Mendiskripsikan dampak adanya konflik
- Menjelaskan cara pengendalian konflik
E. Materi Ajar
- Pengertian konflik
- Faktor penyebab konflik
- Bentuk-bentuk konflik
- Dampak adanya konflik
- Cara pengendalian konflik
F. Alokasi Waktu : 4 X 45 menit
G. Model dan Metode Pembelajaran :
- Model Pembelajaran : Artikulasi
- Metode Pembelajaan
- informasi
- kerja mandiri
- eksplorasi
- diskusi
- ceramah
H. Kegiatan pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Mempersiapkan kelas untuk pembelajaran
b. Melakukan apersepsi
c. Menyampaikan tujuan pembelajaran
d. Menyampaikan cakupan materi
2. Kegiatan inti
Eksplorasi
a. Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik Konflik yang
akan dipelajari dengan menggunakan aneka sumber.
akan dipelajari dengan menggunakan aneka sumber.
b. Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya.
lingkungan, dan sumber belajar lainnya.
Elaborasi
Melakukan diskusi dengan langkah-langkah sebagai berikut :
a. Siswa dikelompokkan menjadi kelompok berpasangan 2 orang yaitu dengan teman
sebangkunya
sebangkunya
b. Menugaskan salah satu siswa dari pasangan itu menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan pasangannya mendengar sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian berganti peran, begitu juga kelompok lainnya
c. Menugaskan siswa secara bergiliran/diacak menyampaikan hasil wawancaranya dengan teman
pasangannya. Sampai sebagian siswa sudah menyampaikan hasil wawancaranya
pasangannya. Sampai sebagian siswa sudah menyampaikan hasil wawancaranya
d. Pembahasan, guru mengulangi/menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami
siswa
siswa
Konfirmasi
a. memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik
b. memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
c. memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
d. memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
3. Kegiatan Penutup
a. Guru bersama siswa membuat rangkuman
b. Melakukan refleksi
c. Merencanakan tindak lanjut (melakukan pengayaan, remedial)
d. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
I. Penilaian Hasil Belajar
- Tes tulis
- Penilaian Proses
J. Sumber Belajar :
1. Sosiologi Bilingual Kelas XI dll
2. Gambar, Foto, Film Dokumenter
3. Media massa : cetak dan elektronik
4. Masyarakat setempat
1 komentar:
saya rasa ini cukup mendukung pendidikan sosiologi namun penggunaan media yang di pakai kurang spesifik lagi
Posting Komentar